Secara sederhana dan harfiah, Konten Kreator bisa diartikan sebagai orang yang membuat konten. Konten yang mereka buat disebar ke berbagai platform media sosial yang tersedia, seperti YouTube, Instagram, atau Facebook.
Namun, sebenarnya lebih dari itu, mereka bukan hanya sekadar pencipta konten semata. Mereka memiliki fungsi yang terbilang besar dalam dunia marketing sekarang ini.
Bahkan, ada juga yang menyebut Kontent Kreator sebagai penggerak content marketing.
Lalu, apa itu Kontent Kreator? Bagaimana cara menjadi salah satunya?
Menurut State of Digital Publishing, Kontent Kreator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk setiap informasi di media, terutama media digital dan memiliki target audiens tertentu.
Sementara itu, menurut HubSpot, Konten Kreator adalah orang-orang yang membuat materi (konten) dengan menambahkan nilai edukasi dan hiburan.
Materi ini juga biasanya disesuaikan dengan keinginan atau ketertarikan dari audiens.
Beberapa ciri Konten Kreator yang dapat kamu temui adalah:
Misalnya, kamu mengunggah review make up di Instagram, kamu sudah bisa disebut Konten Kreator.
Begitu juga ketika kamu membuat video perjalanan mendaki gunung, lalu upload di YouTube, maka kamu juga sudah bisa dianggap pembuat konten.
Pada dasarnya proses pembuatan konten ini melibatkan kreativitas seseorang.
Kreativitas ini menjadi alat Konten Kreator untuk menarik perhatian orang-orang dan membuat mereka mau melihat konten yang dibuat.
Terlepas dari itu, proses pembuatan konten juga tidak sekadar mengandalkan kreativitas semata. Ada logika yang perlu dipahami agar bisa menggaet audiens.
Proses ini juga termasuk dalam digital marketing dan menjadi bidang yang dibutuhkan perusahaan saat ini.
Ada istilah yang menyebut bahwa di balik konten viral, ada strategi apik dan konten yang menarik.